News
Loading...

Tips Membeli Laptop Berdasarkan Rentang Kategori Harga

Tips Membeli Laptop Berdasarkan Rentang Kategori Harga - Beragamnya bentuk laptop yang ada di pasaran sering kali membuat pembelinya kebingungan menentukan laptop yang tepat. Dengan bentuk yang beragam, mulai dari dimensi layar yang kecil, spesifikasi yang beragam, serta bentuk yang multifungsi memang menyulitkan pembeli untuk memutuskan membeli sebuah laptop. Umumnya kasus ini terjadi pada para pembeli yang sedikit kurang paham tentang seluk-beluk laptop.

Mereka biasanya asal beli dan asal ambil. Tidak jadi masalah memang, hanya saja tentu saja pembelian laptop yang asal beli bisa merugikan pembeli. Pembeli bisa saja tidak mendapatkan apa yang dibutuhkan dari laptop yang ia beli. Atau bisa juga pembeli terlalu mahal membeli sebuah laptop. Padahal kebutuhannya hanya sebatas penggunaan dasar saja seperti mengetik atau browsing.

Tips Membeli Laptop Berdasarkan Rentang Kategori Harga

Karena itu, rasanya sangat perlu mengetahui kebutuhan laptop yang sesuai. Hal ini dilandasi agar pembeli tidak sia-sia dalam membelanjakan uangnya untuk membeli laptop. Laptop yang dibeli pun sesuai kebutuhan dan tepat guna. Dan yang penting, harga yang tepat dan sesuai.

Saat ini harga laptop di pasaran sangat beragam. Perbedaan harga tersebut karena perbedaan spesifikasi yang diusung oleh tiap-tiap laptop. Maka dari itu, calon pembeli perlu mengetahui dulu laptop seperti apa yang dibutuhkan? Apakah laptop untuk keperluan mengetik saja? Untuk edit video? Atau untuk hal lainnya? Lebih lengkapnya, berikut penjelasannya.


KATEGORI LAPTOP 3 HINGGA 6 JUTA

Sebagai gambaran, saat ini laptop termurah berada di kisaran 3 hingga 4 juta. Laptop di kategori ini umumnya memiliki spesifikasi layar 12 hingga 14 inci. Namun, sebaiknya pilihlah layar 14 inci karena menawarkan layar yang lebih lebar. Untuk pelajar dan mahasiswa bisa membeli laptop di kategori ini. Kebutuhan mengetik, edit foto ringan, presentasi, dan game-game ringan bisa dijalankan pada laptop dengan rentang harga 3-6 jutaan. Sebenarnya, ada juga laptop dengan harga dibawah 3-juta. Namun biasanya dimensi layarnya dibawah 12 inci dan umumnya bukan dari vendor ternama.


KATEGORI 6 JUTAAN HINGGA 10 JUTA

Di rentang harga 6 juta keatas adalah laptop dengan berbagai varian. Di kategori ini, ada banyak pilihan laptop yang dikhususkan untuk para profesional. Bila pekerja kantoran yang lebih banyak tugas dengan program office, bisa memilih laptop di harga 6 juta saja. . Bila mereka yang memiliki profesi sebagai desainer, editor video, fotografer, maka laptop yang diperlukan adalah laptop dengan kisaran di rentang harga 6 hingga 10 juta. Sementara kisaran harga 10 juta ke atas, biasanya ditujukan untuk mereka yang membutuhkan laptop dengan speisfikasi tinggi dan multifungsi. Artinya laptop di atas harga 10 juta lebih banyak diisi oleh para pengguna yang membutuhkan laptop dan tablet dalam satu perangkat atau disebut juga laptop convertible. Sebenarnya di rentang harga 6 dan 7 juta, ada juga laptop convertible. Hanya saja spesifikasinya lebih rendah.


KATEGORI 10 JUTA KE ATAS

Ada juga laptop di atas harga 10 juta. Yang termasuk kategori laptop ini adalah jenis laptop untuk bermain game. Biasanya ditujukan untuk para gamer hardcore yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang buas. ASUS ROG, MSI, Allienwire, serta banyak lagi adalah merk-merk yang berada di kategori ini.

Di kategori ini juga terdapat laptop yang memiliki fungsi tablet dengan prosesor tangguh. Laptop-laptop di kategori 10 juta ke atas juga umumnya menggunakan sistem operasi asli. Hal ini tentu saja membuat kategori laptop 10 juta ke atas lebih berkelas dan mewah. Apalagi beberapa laptop di kategori ini pun tergolong tahan banting, seperti seri Lenovo Thinkpad. Laptop dari Apple, MacBook terbaru pun berada pada kategori ini. Bisa dibilang, laptop di kelas ini lebih ditujukan kepada pengguna yang memang sudah cukup mapan dalam hal pendanaan.


Itulah pemetaan laptop yang didasarkan pada kebutuhan dan rentang harga. Dengan gambaran tersebut, semoga tidak ada lagi calon pembeli p yang tidak salah dalam membeli komputer jinjing ini. Semoga membantu.


Jangan lupa bagikan postingan ini ke teman atau keluarga anda, untuk membantu dalam memilih handphone, tablet dan  notebook dengan harga dan kualitas terbaik.

Advertisement

Share on Google Plus

About jun

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog harga hp, tablet, notebook dan laptop.
    Disqus Comment
    Facebook Comment